Mengapa Education Outcome Penting ?

Kedua. Mengapa kita perlu memahami “education outcome” ?

Bagi saya apabila saya ditanya pertanyaan ini adalah agar anak saya jelas memahami perjalanan pendidikannya dan agar orangtua sebagai orang yang ikut dalam perjalanan tidak salah kaprah dalam membantu anak meraih cita-cita.

Kejelasan.  

Menurut saya, yang paling penting dari sebuah perjalanan apapun itu adalah tujuannya.

Apabila kita tahu tujuan kita maka akan lebih mudah bagi kita untuk merencanakan perjalanan melalui pilihan-pilihan program studi, pengalaman belajar menuju tempat yang kita inginkan.

Memiliki kejelasan atas tujuan yang diharapkan akan membentuk suatu fokus atas hasil yang ingin dicapai. Apabila kita memiliki tujuan yang jelas pada hasil yang ingin dicapai maka setiap akhir suatu tahap pembelajaran dengan demikian kita akan mempermudah bagi anak untuk memilih langkah berikutnya karena gambaran yang jelas dari tujuan dan harapan cita-cita anak kita kelaknya.

Walaupun tidak tertutup saat didalam perjalanan akan terjadi evolusi, perubahan maupun tantangan akibat dari terbuka mata dan hati akan banyaknya pilihan dan manisnya hasil yang terlihat dari tokoh-tokoh pada jamannya. Tapi jangan jadi bingung karena dalam perjalanan itupun akan terjadi proses pengguguran sejalan dengan fokus yang disukai dan dipilih oleh anak.

Artinya kita perlu mulai dari outcome atau hasil atau cita-cita dan melalui visi itu kita mencari program2 edukasi dan pengalaman yang berikan pembelajaran. Harapannya pilihan itu dapat memberi semangat dan inspirasi bagi anak kita untuk dapat bahagia dalam elementnya. Karena kita dapat mengerti bahwa hanya saat anak kita suka dan merasa senang akan mendorong dirinya untuk terus belajar dan menghasilkan yang terbaik.

Tapi jangan lupa, penentunya adalah anak ya bukan orangtua. Masa depan dia (anak) bukan orang tua.

Dengan pengertian ini mengamankan anak untuk dapat memilih, menentukan jalan, merdeka dalam belajar, dimengerti dan mendapatkan dukungan dari orangtua.

Sejak dimulainya pandemic membuka mata kita sebagai orangtua akan arti dan bentuk pendidikan. Bergesernya status pendidikan dan cara belajar. Menyaksikan terbukanya informasi dan proses belajar melalui digital di arena internet, tanpa batas.

Kita terbuka atas pilihan, tidak perlu menunggu atau membeli dengan harga mahal.

Berikut ini adalah suatu pembelajaran dari The Economist.

Melalui video diatas ada 3 hal yang dapat ditegaskan sebab akibat dari pandemi terhadap transformasi pendidikan bagi anak-anak.

  1. Sistim pendukung, sebuah struktur akses pembelajaran melalui online
  2. Pengalaman dapat disesuaikan dengan kebutuhan pribadi
  3. Keterlibatan orangtua
Paul Edward Gray adalah presiden ke-14 dari Massachusetts Institute of Technology. Dia dikenal karena prestasinya dalam mempromosikan pendidikan teknik, praktik, dan kepemimpinan di MIT dan di dunia pada umumnya

Berikutnya, Ketiga. Bagaimana proses education outcome yang sebenarnya ?

Kembali ke Pertama. Education Outcome, pengertiannya.

Kembali ke Teman Belajar Bersama halaman utama.

Tyas is now Partner Consultant and Trainer on Digital and Social Media at Bangwin Consulting, Freelancer, Writer/Blogger, Podcaster. For project inquiries, tyas@bangwinconsulting.com

4 thoughts on “Mengapa Education Outcome Penting ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s