Merdeka Belajar – Transformasi Seleksi Masuk PTN

Pengumuman yang luar biasa dari Mas Menteri kita, Nadiem Makarim pada hari Rabu, 7 September 2022. Sungguh membuat hati saya sebagai orang Indonesia dan orangtua bahagia. Niat baik dari perubahan ini sangat terlihat bahwa kita semua menginginkan yang terbaik bagi anak-anak kita dalam kesempatan berpendidikan di Indonesia, merdeka dalam belajar, merdeka dalam berpendidikan.

Perencanaan pendidikan untuk mendapatkan education outcome sekarang lebih jelas terlihat dalam bayangan. Memberikan keyakinan dalam hati karena kini kami lebih percaya diri menjalankan perjalanan dan berjuang.

Agar tidak lupa, seperti biasa, blog ini saya jadikan tempat untuk mengumpulkan informasi penting agar kedepannya, saya lebih mudah untuk melihatnya kembali. Tapi selain dari itu niat saya adalah untuk selalu bagikan informasi kepada yang membutuhkan, jadi silahkan simpan link ini bilamana dirasa bermanfaat.

Pertama, esensi perubahan dari Transformasi Seleksi Masuk PTN adalah sebagai berikut,

Apabila kita baca satu persatu kolom pada slide diatas, saat ini ada 3 jenis seleksi masuk Perguruan Tinggi Negri yaitu :

  1. Seleksi nasional berdasarkan prestasi
  2. Seleksi nasional berdasarkan tes
  3. Seleksi secara mandiri oleh PTN

Masing-masing memliki perubahan yang cukup signifikan dari cara pemilihan.

Khusus bagi anak-anak yang ingin mengikuti seleksi berdasarkan prestasi terlihat pentingnya untuk menjadi pilihan nasional yang dicari adalah seseorang yang memiliki kemampuan yang well rounded. Ini berikan bukti pada kemampuan disiplin, keseriusan dan tingkat toleransi terhadap yang pelajaran yang lain melalui konsistensi pencapaian nilai yang dibutuhkan.

Selain dari itu pemahaman atas pendidikan pelajaran penggali minat dan bakat membuka pengertian dan pandangan yang kuat atas dampak positif pembelajaran dan pengalaman yang diberikan pada anak-anak kita. Karena sebenarnya yang kita pahami adalah bahwa pelajaran penggali minat dan bakat justru memperkuat dan memberikan alasan kebutuhan perlunya mata pelajaran yang utama. Saling beri manfaat, saling membutuhkan, saling berkaitan.

Tapi yang membuat saya bahagia adalah anak-anak yang well rounded ini didorong untuk mulai mencatat, merekam kemampuan minat dan bakat mereka melalui portfolio pribadi sejak dini. Portfolio ini memberikan gambaran secara jelas bakat dan minat melalui kumpulan karya, hasil kerja, project, keterlibatan, aktifitas, kontribusi, prestasi atau segala bentuk penghargaan sepanjang perjalanan sang pelajar. Menunjukkan bagaimana semangat sang pelajar dalam suatu spesifikasi topik atau pengetahuan sehingga yang diperlukan tidak hanya bagi sekolah yang lebih tinggi tapi juga bagi pemberi kesempatan yang lebih besar sebagai alat pertimbangan atau ulasan. Selain itu, portfolio ini penting bagi anak dan orangtua atau care giver dalam membuktikan pertumbuhan skill set anak dan memberikan akses refleksi membantu perencanaan pilihan program studi atau pembelajaran dan arah education outcome. Saya setuju sekali.

Nah, bagi anak-anak yang memilih jalur seleksi nasional melalui tes dapat memahami bahwa yang penting disini adalah menujukkan kemampuan bernalar, berasumsi, beranalisa dan bagaimana membuat solusi. Anak-anak di arahkan untuk mengerti dan siap dalam dunia nyata yang tidak ada struktur dan terus berubah. Tidak penting menghafal. Lebih penting apa yang dilakukan dengan informasi dan pelajaran yang diberikan.

Lalu pilihan yang ketiga yaitu pilihan seleksi mandiri oleh PTN berikan kesempatan pada siapapun secara terbuka dan adil.

Bagaimana masing-masing pilihan secara jelas dijalankan, diberlakukan dan dinyatakan adalah sebagai berikut.

Seleksi nasional berdasarkan prestasi

Kita mulai dari latar belakang pengertian sebelumnya dan akibatnya,

Kini, kita sadari bahwa well rounded person secara profesional harus memiliki kemampuan yang lengkap.

Untuk memenuhi kebutuhan itu pemilihan seleksi dilakukan sesuai dengan prestasi bukti kesungguhan dan minat pelajar.

Seleksi nasional berdasarkan tes

Pahami latar belakang pengertian sebelumnya dan akibatnya,

Kini fokus tes adalah kemampuan penalaran dan pemecahan masalah.

Contoh pengujian kognitif

Contoh pengujian penalaran matematika

Contoh pengujian literasi bahasa Indonesia

Contoh pengujian literasi bahasa Inggris.

Dampak pada perencanaan dan persiapannya,

Seleksi secara mandiri oleh PTN

Sumber. Merdeka Belajar episode 22: Transformasi Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri

Mudah-mudahan perencanaan transformasi ini dapat dijalankan dengan sebaik-baiknya. Demi masa depan anak Indonesia yang lebih cerah.

Bagi teman-teman yang ingin simak sudut pandang saya mengenai pendidikan, silahkan meluncur ke Teman Belajar Bersama dengan tema kali ini adalah Education Outcome.

Selamat berjuang.

Salam pendidikan.

Tyas is now Partner Consultant and Trainer on Digital and Social Media at Bangwin Consulting, Freelancer, Writer/Blogger, Podcaster. For project inquiries, tyas@bangwinconsulting.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s