Time to let go Pita Kuning

#TyasSocialProject #9

Telah tiba waktunya saya untuk mundur diri.

Sejak oktober 2015 saya telah memberikan waktu professional saya untuk menjabat sebagai Ketua Yayasan Pita Kuning Anak Indonesia. Suatu kesempatan yang sungguh memberikan pelajaran hidup secara pribadi dan professional. Proses pembelajaran yang tidak akan pernah saya lupakan. Saya sangat bersyukur atas kesempatan yang diberikan dan penerimaan saya dengan semua kelebihan dan kekurangan saya.

Saya perpegang pada keyakinan atas pengertian untuk tidak pernah melupakan siapa kita dan kenapa kita ada disini. Tugas untuk melakukan perubahan yang diharapkan bagi saya untuk dapat dijalankan demi kelangsungan yayasan ini. Penting bagi saya untuk dapat bercerita atas perubahan yang telah terjadi. Yang merupakan dasar pengertian bahwa tugas saya telah selesai.  Kini Pita Kuning,

  1. Memiliki strategi layanan baru dengan menempatkan aktifitas layanan psycho-social berdasarkan kebutuhan perawatan paliatif sebagai dasar bentuk produk layanan yang baru dan pembentukan visi, misi dan tujuan organisasi yang baru.
  2. Memiliki stuktur organisasi yang terbagi atas hired worker dan skilled volunteer dengan program kerja, pembagian kerja, proses kerja, protocol/SOP kerja dan ketetapan kontrak kerja/komitmen kerja hingga pencarian workforce dan volunteering yang berkelanjutan, tertulis dan terukur.
  3. Memiliki hubungan atau kembali menjalin hubungan baik antar stakeholders dengan pengelolaan komunitas yang regular.
  4. Memiliki perhitungan keuangan dasar dalam pembagian atas operasional dan penyaluran bantuan dengan nilai bantu per anak, dan target 30-50 anak perbulan, se-JaTaBek.
  5. Memiliki pencatatan data penyaluran bantuan dan cerita perkembangan regular bagi setiap Anak Pita Kuning yang dibantu.

Pada dasarnya, kini Pita Kuning memiliki pengetahuan dasar dan dasar alat kerja untuk mendukung proses kerja yang baik melalui knowledge management yang tercatat dan terlatih pada setiap individu yang tergabung dalam Pita Kuning.

 Manajemen Pengetahuan (Inggris: Knowledge management) adalah kumpulan perangkat, teknik, dan strategi untuk mempertahankan, menganalisis, mengorganisasi, meningkatkan, dan membagikan pengertian dan pengalaman. Pengertian dan pengalaman semacam itu terbangun atas pengetahuan, baik yang terwujudkan dalam seorang individu atau yang melekat di dalam proses dan aplikasi nyata suatu organisasi. Fokus dari MP adalah untuk menemukan cara-cara baru untuk menyalurkan data mentah ke bentuk informasi yang bermanfaat, hingga akhirnya menjadi pengetahuan.

Semua pembelajaran dari penyaluran bantuan setiap anak, wawasan, pengalaman, dasar alasan boleh atau tidak boleh menjadi sebuah protocol kerja. Keberhasilan kinerja dan dampak yang ingin dicapai dari segala sisi operasional menjadi disiplin dan acuan kerja yang berazas atas kejadian nyata. Disiplin. Keharusan. Landasan. Beralasan. Harga, Rasa dan Hormat. Kualitas. Menjadikan dasar untuk terus berjalan, melakukan perubahan dan naik kelas. Adalah modal dari apapun bentuk usaha yang ingin dijalankan bagi Pita Kuning. Yang mana sebelumnya tidak ada.

Bagi saya, tujuan yang paling penting adalah untuk dapat menjadikan yayasan ini memiliki fondasi yang kuat sejalan dengan pencarian model kegiatan sosial yang berkesinambungan. Saya berharap dengan adanya knowledge management secara tercatat dan terlatih selama hampir 2,5 tahun saya disini dapat menjadi landasan yang kuat, saling mempengaruhi disiplin diri individu-individu dalam organisasi Pita Kuning untuk melangkah maju.

Tapi usaha pencarian model dampak sosial tidak pernah ada kata selesai. Karena niat saja tidak cukup, kata Ramya Prajna, sahabat ThinkWeb yang membantu dan mendampingi Pita Kuning untuk melanjutkan rumusan Sosial Impact Model sebagai langkah selanjutnya bersama tim Pita Kuning. Dalam kesamaan misi, continue to do good together.

Bagi saya, menjadi pemimpin tidak hanya suatu keputusan tapi lebih lagi sebuah tanggung jawab.

Selanjutnya saya akan terus melanjutkan tanggung jawab saya sebagai seorang professional, berkarya, mengejar mimpi dan makna yang berarti.

Terima kasih banyak bagi sahabat Pita Kuning yang telah membantu dan membuka pintu kerjasama selama masa bakti saya disini. Teman yayasan, DepKes, Rumah Sakit, para OrangTua Anak PitaKuning, para relawan, teman komunitas, para donatur yang telah memberikan kepercayaan dan harapan besar bagi yayasan kami.

Khusus untuk tim Pita Kuning,  hired paid and volunteers, I truly thank you. Apa yang telah kita capai bersama diatas adalah buah karya dan kerja keras teman-teman semua. You make me proud everyday. I hope I have given as much learning, guidance and be a model of compassion for each and everyone of you.

Semoga kita dapat terus membangun persahabatan.

Untuk para Pembina dan Pengawas Pita Kuning, terima kasih atas kesempatannya. I will always be grateful for this opportunity.

Hidup ini indah apabila kita dapat berbagi manfaat bagi yang benar-benar membutuhkan. It was an honor, a privileged and with great pleasure to serve Pita Kuning . Terima kasih. Sampai jumpa dilain kesempatan.

#sayaPitaKuning , lets always do good together.

Love and best wishes,

Tyas Handayani Wongsoyudo.

 

 

Bagi yang tertarik untuk menyimak cerita dokumentasi perjalanan saya di Pita Kuning, silahkan click Tyas Social Project.

Read also : Tyas Digital Project and Tyas e-Commerce Project

Tyas is now Partner at Bangwin Consulting, Freelancer, Writer and Trainer on Digital and Social Media. For project enquiries : tyas@bangwinconsulting.com

Advertisements

2 thoughts on “Time to let go Pita Kuning

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s