Bagaimana Personal Branding membantu arahkan karirmu

 

click to listen

Mindshift Podcast Episode 13

Your name is your brand.

Kalimat tersebut diatas sering orang lupa. Bahwa nama diri kita sendiri merupakan nama yang selalu harus kita jaga dengan baik dengan penuh tanggung jawab. Karena sebelum nama-nama  yang kita bangun secara professional, baik berhubungan secara langsung atau tidak dengan karya kita, jangan lupa, nama kita tidak kalah penting.

Andira Pramanta adalah seorang content creator yang berhasil membangun personal branding hingga menjadi Influencer yang cukup dikenal di dunia maya. Juga diantara brand-brand terkemuka seperti Samsung, Telkomsel, Go-Jek, Grab, DBS Bank, Motorola dan masih banyak lagi. Cukup dikenal disini maksudnya adalah, bahwa cukup memberi pengaruh pada karir Andira sebagai seorang professional.

Akibatnya, Andira seringkali diajak ke luar negri untuk meliput dan berkreasi bentuk-bentuk konten menarik bagi brand-brand tersebut.

Passion dalam berkreasi mendorong dirinya untuk terus melahirkan berbagai bentuk karya secara konsisten dan mendalam. The jack of creative trades that is his position atau dalam bahasa yang lebih teknis, his value proposition.

Siapakah Andira Pramanta ?

Bagi anak Jakarta yang suka dengerin radio mungkin kenal suara khas renyah AndirDor di U-FM dan juga Hardrock FM yang pernah menjadi host broadcaster Prime Time, Drive n Jive juga Good Morning Hardrockers.

Andira yang mengawali karirnya di bidang creative, designing cover majalah untuk MTV Trax Magazine karena memiliki latar pendidikan di visual communication.

Tapi karena terdorong oleh passion, Andira tidak pernah menutup peluang. Termasuk kesempatan yang berawal dari membantu teman hingga kesempatan yang pada akhirnya menjadi suatu lahan bisnis sendiri. Beberapa jenis usaha yang dia coba bangun dan masih berdiri hingga sekarang antara lain adalah,

  • Digital Print Shop yang dinamakan Hi Res Digital.
  • PIAS Cycles suatu usaha design bicycle frames juga nurturing cycling communities berhasil mendapatkan kolaborasi dengan South Korean lifestyle brands meluncurkan suatu paket spesial bundled edition. Selain itu juga sempat sponsor competitive cyclists in global events, juga memenangkan juara pertama pada akhirnya.
  • Save As Production suatu usaha design buku seperti Rene Suhardono, Ligwina Hananto, Yoris Sebastian, Najwa Shihab, juga Pandji Pragiwaksono untuk salah satu buku juga Album Rapnya.
  • Tigalimamili / studio.mamut disini Andira berkarya sebagai video director.

Passion beats everything else. Berjalan dengan waktu Andira masih tetap mengajar di 1st media design school. Pernah bantu socmed nya penyanyi terkenal Andien Aisyah pula.

Sebagai seorang content creator yang dikenal creative beberapa keberhasilannya antara lain adalah:

  • Produced video content for brands like Samsung, Telkomsel, Go-Jek, Grab, DBS Bank, Motorola, Pondok Indah Mall, etc.
  • Sponsored by Samsung in 2014 to attend IFA in Berlin, Germany, and wrote articles for Kompas Klass.
  • Sponsored by Singapore Tourism Board in 2014 to make an experience video about Singapore.
  • Sponsored by Vivo in 2015 to make video about their campaign to visit Astronaut Training Experience in Florida, USA.
  • Sponsored by Lenovo in 2016 to attend and make video of Consumer Electronic Show 2016 in Las Vegas, USA.
  • Sponsored by Alibaba in 2017 to attend 11.11 Global Shopping Event

Saya jadi ingat, saya pernah ditanya oleh seorang teman yang juga kenal Andira. “Emang kerjaan kayak youtube-youtube-an atau nge blog ada duitnya ya Yas ?” Terus terang menjadi salah satu alasan yang mendorong saya membuat konten edukasi tentang personal branding ini.

Saat ini keberhasilan yang terakhir adalah saat mendapatkan tantangan baru sekaligus kesempatan untuk bekerja disebuah korporasi. Kini Andira menjabat sebagai Country Head Brand Marketing untuk CGV Indonesia.

Bagaimana personal branding Andira dapat membantu karirnya, ada beberapa hal yang dia lakukan saya coba simpulkan disini.

  1. Mulai dari diri sendiri.

Membangun personal branding dimulai dari mengenali diri sendiri dengan baik. Nah, bagaimana kita menemukan cara untuk memahami diri kita sendiri ? Kita dapat mulai dengan mempraktekkan hal hal yang kita suka, belajar mengerti diri dan memahami diri sendiri. Pada akhirnya, hal-hal yang kita tidak suka melakukannya atau menjadikannya, dimana sebelumnya kita pikir kita suka, akan ter-eliminasi dengan sendirinya. Sedangkan hal-hal yang kita suka untuk melakukannya dan terdorong untuk terus melakukannya akan menemukan caranya sendiri untuk mengasah diri kita dan menjadi lebih baik lagi. You will get a sense of “kepengen terus melakukannya”. That’s when you know it becomes your passion. It starts however, from a little bit of interest. That interest will then grew on you. Bigger and better.

  1. Berani mengambil kesempatan.

Peluang terkadang jelas didepan mata tapi kadang kita takut dan tidak percaya diri untuk mengambil atau mulai. Atau, ada kalanya kita tidak cukup rajin atau konsisten untuk terus melahirkan karya. Mulai beranikan diri one step at a time. Jangan kecilkan kesempatan atau pengalaman. Pada akhirnya, semua hasil karya menjadi pilihan untuk berkarya. Banyak pilihan menjadi lahan untuk kesempatan untuk tumbuh. Diri kita sebagai brand, sebagai nama kita sendiri. As I always say, you gotta start from somewhere. So start.

  1. Content, Contextual, Consistency.

The 3 Cs investments that will lead to your personal branding from nothing to something. It is a strategy that we common use when building a brand. Tidak ada sesuatu yang langsung jadi begitu saja. Digital adalah salah satu medium yang lebih mudah, gratis dan cukup accessible bagi siapa saja yang mau menggunakannya sebagai platform membangun personal branding. Mulai dari social media yang jelas banyak bola mata dan beragam komunitas yang sudah terbentuk atau membangun your own personal blog. Tinggal kita gunakan for our own preference. Semua harus dibangun dengan fondasi yang jelas sehingga menjadi foot prints suatu brand yang kuat secara ingatan. Semua dibangun dengan waktu dan usaha. Rumusannya, content yang berkualitas, dapat berbicara sesuai context atau narasi yang ingn dibangun juga bisa diartikan agar dapat selalu relatable dengan kondisi yang ada. Dan yang terakhir, terus menerus dilakukan secara consistent.

  1. Be genuine.

By being yourself you will find who you truly are. Menjadikan jati ciri, signature atau pembeda menumbuhkan your own tribe. Sometimes your uniqueness or your chosen liking of something will be so different it becomes niche. But by being focus , you open to new “others” and that is where lies the opportunity. A niche market.

  1. Nourish your network.

Having the network does not mean anything if you do not do the right thing. Start invest time, space, building friendships not just acquaintance. So then, to let your network serve your purpose. Andira chose the words of Rene Suhardono, “Its not about who you know but who knows you” Because if they really knows you, they will talk about you, they will become your network of buzzer. Really start to invest in relationships, karena Andira menambahkan, lebih baik dikenal daripada menjadi terkenal. Karena menjadi orang yang terkenal belum tentu dikenal siapa kita sebenarnya.

Personal branding pada akhirnya harus kembali kepada diri kita sendiri tentunya.

Bagi Andira, hasil atau output pertama dari personal branding yang ia bangun adalah adalah kebahagian diri sendiri. Namun yang dia akhirnya rasakan adalah dampak atau impact yang dirasakan yang memberikan kebahagiaan kepada orang lain. Pada akhirnya Andira menemukan kepuasan dalam cultivating happiness to others. Secara keseluruhan, kepuasan tersebut dia sadari sebagai life purpose.

Hope you enjoy the podcast !

Pilihan untuk mendengarkan Mindshift Podcast antara lain :

Untuk lebih mudahnya cari dengan keyword  Mindshift with Tyas.

A special thanks to Andira yang telah berbagi ilmu dan pengalaman bersama Mindshift Podcast. Merasa kenal Andira dari kecil hingga sekarang, saya bisa katakan dengan lantang, I am so proud of you. Keep up building what makes you happy. We are happy for you. We are happy with you. Success !

Bagi yang mau lebih dekat kenal Andira, silahkan melalui

Tyas is now Partner Consultant and Trainer on Digital and Social Media at Bangwin Consulting, Freelancer, Writer/Blogger, Podcaster. For project enquiries, tyas@bangwinconsulting.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s