Pengertian self care bersama mba Ita D. Azly

 

click to listen

Mindshift Podcast Episode 8

Self care the help that matters the most. Adalah topik yang akan kita bahas bersama mba Ita D. Azly, seorang Family Psychologist and Work Life Consultant.

Self-employed sebagai work life consultant dan sebagai psykolog keluarga, mba Ita tergabung dalam klinik SAUH yang memberikan layanan psikologis dan psychotherapy bagi ya teenager, dewasa dan keluarga.

Mba Ita dikenal cukup dikenal banyak menangani kasus-kasus yang sulit pengangannya seperti  dampak-dampak penyakit yang sulit disembuhkan, seperti AIDS dan kanker, alcohol and substance abuse, bullying, domestic violence, mental health services, tapi juga di area professional work related issues.

Saya pun mengenal mba Ita saat pengalamannya dibutuhkan di Pita Kuning, yayasan yang memberikan bantuan bagi anak dengan kanker dari keluarga prasejahtera. Mba Ita memberikan keahliannya dari sisi psiko sosial untuk membangun layanan psiko-sosial guna memenuhi kebutuhan perawatan paliatif bagi anak dengan kanker dan keluarga.

Mba ita juga aktif mengajar di berbagai universitas, memberikan pembekalan juga training. Area keahlian mba ita cukup lengkap mulai dari motivasi training hingga conflict management, stress management, family meditation, parent effectiveness, personal development skills dan self-awareness.

Nah self-awareness dan personal development skills inilah yang membawa kita mendekat ke mba Ita. Berharap, mendapatkan pencerahan dan bimbingan dari mba Ita dalam kegunaannya untuk mengerti kebutuhan dan cara self-care. Contoh-contoh actual yang baik dan buruk untuk membuka persepsi dan membuka mata telinga kita.

Kamipun membahas bahwa kuncinya pada akhirnya adalah kenali diri sendiri. Mba Ita membahas bagaimana Daniel Goleman membagi konsep kecerdasan emotional mulai dari self awareness, self motivation, impulse control, mood management, dan people skills.

Dari pengalaman mba ita menjadi Work Life Consultant, pada saat new hire selalu disarankan ada induksi khusus bagi kebutuhan non teknis untuk melatih dan mempersiapkan masuk ke arena kerja yang baru. Sehingga terhindar dari conflict management.

Selain pentingnya penerapan core values yang telah ditetapkan dari visi perusahaan dalam kehidupan bekerja sehari-hari, mba Ita pun mengetahui bahwa biasanya dalam suatu perusahaan ada komisi ethic untuk penanganan kasus-kasus yang sulit dimana seperti issue yang terkait dengan sexual harassment, intellectual harassment, violence at work place , bullying at work place sehingga dari awal sudah di anitisipasikan dan mempersiapkan code of conduct dalam tempat bekerja.

New hire induction juga mengajarkan sesi code ethic, work life balance juga mental health sehingga membangun self awareness, self acceptance, self understanding, self appreciation and self respect. Diikuti juga dengan pembekalan self competencies, leaderships and communications.

Di akhir perbincangan kami, saya pun minta tips self care yang gampang.

  1. Perhatikan asupan yang masuk dalam tubuh kita baik makanan maupun yang kita minum. You are what you eat adalah benar mengakibatkan sehatnya jasmani dan rohani kita sehat.
  2. Better quality of sleep
  3. Exercise sehari 20 menit minimal 5 hari seminggu.
  4. Investasi waktu 10-15 menit to do or to create something that we like. Karena ternyata akan boost self esteem artinya memberi keyakinan dan positif attitude pada diri kita bahwa kita bisa melakukan apa yang ingin kita lakukan and then makes ourself happy.
  5. Yang terakhir, have a good laugh everyday. LOL , laugh out loud people !

Hidup masih panjang, kita masih memiliki harapan kedepan untuk dapat hidup bahagia dan produktif. Mari kita beri ruang untuk tumbuh dan berubah. Memberi kesempatan bagi kita semua, untuk belajar memahami, memberi jalan untuk memperbaiki, untuk menjadi lebih baik dan naik kelas.

Pilihan untuk mendengarkan Mindshift Podcast antara lain :

Untuk lebih mudahnya cari dengan keyword  Mindshift with Tyas.

 

Terima kasih mba Ita. We love you sooooo much. Kami mendoakan mba Ita selalu sehat, selalu diberikan kelancaran dalam segala aktifitas dan karya juga selalu dalam perlindungan Allah SWT. Terus berkarya mba !

 

 

 

Untuk mengenal lebih dekat dengan mba ita silahkan follow di instagram nya di @onthecouchwithita atau, bagi yang memerlukan consul hubungi SAUH (Sahabat Satu Hati) Psychological Services, Jl. Jatipadang III No.Kav. 37, RT.7/RW.3, Jati Padang, Jakarta, DKI Jakarta, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12540, Indonesia dan google map. Telp. +62 21 27808558 .

Tyas is now Partner Consultant and Trainer on Digital and Social Media at Bangwin Consulting, Freelancer, Writer/Blogger, Podcaster. For project enquiries, tyas@bangwinconsulting.com

One thought on “Pengertian self care bersama mba Ita D. Azly

Leave a comment