Legoland Johor Malaysia

#keluargabangwin loves family trip.

Liburan kali ini adalah kunjungan kami ke Legoland Johor di Malaysia.

Legoland Malaysia has been the longest .. the most anticipated … travel destination bagi anak kami. Tidak peduli mau diajak kemana pun atau pernah diajak kemanapun, yang dia tanyakan selalu Legoland Malaysia.

Jadi Legoland Malaysia ini perlu di coret dulu nih sebelum kita mengkhayal kemana-mana. Anak kami baru berumur 7 tahun jadi kami rasa, untuk mengerti dan menikmati Legoland Johor sudah pas waktu rasanya.

Blogpost saya kali ini, adalah untuk mengangkat beberapa temuan kami yang mungkin akan membantu bagi teman-teman orangtua yang sedang merencanakan trip ke Legoland Malaysia. Mempersiapkan diri sebelum visiting Legoland Malaysia. Mudah-mudahan bisa membantu ya.

Sebelumnya kami pernah berkunjung ke Legoland di Tokyo. Mungkin dapat dibaca sebagai perbandingan. Karena paling dekat ke Indonesia, Legoland Johor menjadi langganan ya tentunya.

Legoland Johor ini memiliki 2 tambahan hiburan. Water Park dan Sea Life.

Bagi yang belum mengikuti blog saya soal family trip, saya pernah menulis tentang bagaimana merencanakan liburan keluarga, dapat dibaca melalui link ini.   Atas pembelajaran itu kita mulai dari itinerary trip ini ya.

Legoland Malaysia 30 Sept – 3 Oct 2019

Day 1 – 30 Sept 2019

  • Depart CGK 06:55 am
  • Arrive Changi 09.50 am
  • Pick up by Legoland Malaysia Driver – Drive to Legoland Hotel
  • Check in at Legoland Hotel
  • Play at Legoland (theme park / water park / sea life)

Day 2 – 1 October 2019

  • Play at Legoland  (theme park / water park / sea life)
  • Check out Hotel Legoland
  • Drive to Singapore
  • Check in to Hotel at Singapore
  • Dinner with Pak Dilip

Day 3 – 2 October 2019

  • Breakfast
  • 9 AM depart to Universal Studio
  • Play at Universal Studio Singapore
  • Meet with Pamela

Day 4 – 3 October 2019

  • Breakfast
  • 10.30 Check out
  • Check in luggage at Terminal
  • Play at the Jewel Changi
  • Depart Sing 19:25
  • Arrive Jakarta 20:20

Itinerary quick family trip, no time to fool around, memang ambisius dan semua hanya bertujuan untuk memenuhi kenyamanan proses menuju Legoland Johor dan Universal Studio Singapore. Itu aja.

Ini tidak mungkin kita lakukan tentunya bilamana adalah trip pertama kali ke negara tersebut. Saya selalu menyarankan, bilamana family trip ke negara yang belum pernah kamu kunjungi, expektasi harus dibuka lebar-lebar alias no need to expect the ideal. Karena Singapore dan Malaysia sudah tidak asing lagi bagi kami maka, rencana family trip kali ini lebih mudah untuk dibayangkan jadinya. Itu yang penting kan, expektasi.

Point penting. Tentunya saat merencanakan setiap trip, yang perlu di manage adalah ekspektasi masing-masing anggota yang ikut dalam family trip ini. Ya orangtua, ya anaknya. Tentunya bukan hanya melulu soal budget. Tapi proses selama kita berlibur dan kunjungan ke Legoland Malaysia. Pilihan terbaik, bagaimana caranya, apa yang dapat dilakukan.

Berdasar atas pengalaman kami, kami angkat baik dan buruk yang kami rasakan selama di Legoland Malaysia. Apa yang perlu di ketahui sehingga dapat membantu persiapan selama kunjungan.

  1. Pilihan transportasi

Atas itinerary kami maka pilihan kami menuju Legoland Malaysia adalah melalui Singapore tentunya. Kamipun bertanya melalui teman-teman pada kebiasaannya mereka menyewa mobil dari Singapore PP dengan jadwal yang telah ditentukan. Harga kisaran mobil sebesar Hyundai atau Innova yang cukup angkut 6 penumpang dan koper besar-besar adalah sebesar 280 Singapore Dollar atau sekitar Rp. 2,8-an juta. Contact dapat dihubungi melalui Mr KY +60 10 577 5589.

Tapi kami akhirnya memilih untuk booking penjemputan langsung setiba kami di bandara Changi. Pas kebetulan rejeki, kami mendapatkan pesawat yang tiba di Singapore cukup pagi yaitu jam 9.50 AM Singapore Time. Dengan perhitungan sekitar 2 jam perjalanan ke Johor, pas waktunya kami dapat menunggu check in sembari makan siang. Perfect.

Soal perbedaan harga antara sewa private car diluar Legoland Johor dibanding sekalian melalui Legoland Johor sebenarnya tidak beda dalam harga. Sekali jalan saat penjemputan seharga Rp. 1.400.000,-. Comfy and hassle free. That is what you need when you’re in a family trip. Its the in between moments when you can just relax. We totally can relate !

Jemputan datang ontime. Dengan papan panggilan nama. Setelah mengikuti ke pintu lobby, kami diminta menunggu mobil di jemput.

Mobil cukup nyaman dan luas, dapat memenuhi tempat duduk 7 orang penuh belum termasuk tempat duduk supir. Mobil Hyundai Grand Storex, dapat mengisi luggage yang cukup besar. Maksudnya beberapa koper ukuran besar ya :))

Sampai di perbatasan, diharapkan untuk turun sebentar bagi petugas pabean untuk melakukan salah satu berikut ini, wawancara atau cap jempol atau keduanya. Sebentar kalo tidak mengantri. Hanya 5 menit tunggu.

Petugas cukup baik dan ramah. Kami sempat dibecandakan, saat supir kami ijin sebentar ke WC ada petugas pabean yang tiba-tiba masuk dan berkata “ so where should I drive you ? … just kidding !” Sekejap jantung kami loncat antara kaget dan bingung. Karena petugas tidak lama langsung burst into laughter, kamipun demikian. You’re funny mister. Really did not expect that.

Pilihan transportasi lainnya adalah bis.  Lebih murah tentunya dan tersedia setiap 30 menit berjalan PP Singapore – Johor – Singapore. Harga per seat hanya $Sing 6. Turun hotel lift silahkan menuju mall yang tersambung dibelakang Sea Life. Namanya Medini Mall, Causeway Bus tersedia pick up point di halter depan Medini Mall. Termasuk tempat pembelian ticket juga disitu.

Bagi yang bertempat tinggal di Singapore dan tidak menginap bisa menggunakan pilihan transportasi ini tapi bagi yang membawa koper akan sangat sulit meningkat pulang pergi akan selalu turun di pabean untuk interview dan cap jempol.

Tips. Jam macet weekdays dimulai jam 15.30 setiap harinya hingga malam hari. Jadi bagi yang mau kembali atau datang hindari jam tersebut ya. Manic traffic. Just is not worth it.

  1. Check in Check out.

Check-in 4:00pm, check-out 11:00am, late departures will be subject to a late fee.

Saat booking hotel mereka akan menawarkan untuk dapat membayar bilamana mau lebih early check in atau lebih telat check out.

Saya sarankan, tidak perlu. Pengalaman kami, pilihan menunggu di lobby beragam selain area theme park, sea life dan water park sangat berdekatan sehingga tidak memerlukan membayar untuk masuk kamar lebih cepat. Sesampai kita disana, silahkan check in ke receptionist, titipkan luggage pada tempatnya dan menikmati area disana.

Ada area bermain lego kecil tepat di lobby masuk. Ada area bermain lego besar soft lego dan ada game room. Restaurant dan café juga berdekatan area bermain sehingga orangtua dapat menghilangkan penat sementara anak-anak bermain seru. Parents can enjoy coffee while kids have a good time.

Kami mendapatkan kamar jam 15 sore, 1 jam lebih awal. Sebaliknya saat check out, kami diperbolehkan untuk check out maximal jam 13.30 siang. Lumayan. Ini kami dapatkan setelah breakfast sempatkan sejenak ke receptionist untuk bertanya-tanya santai.

This is the view from our room. Kingdom Theme, fit for a King indeed.

Jangan lupa treasure hunt, hadiahnya lumayan banget.

  1. Handuk untuk berenang.

Bagi yang mau berenang ke Water Park area, disana mereka tidak menyediakan handuk. Tapi, kita tidak perlu bawa handuk sendiri atau dari kamar. Tenang, solusinya ada. Silahkan ke lantai 5, area kolam renang hotel. Sebelum pintu keluar ke kolam renang disebelah kanan ada loket handuk. Tinggal daftar kamar, dan jumlah handuk yang akan dipinjam dan kembalikan langsung setelah berenang dari water park. Enak kan.

Bagi yang memerlukan penitipan ada loker berbayar yang sangat mudah penggunaannya. Pilihannya code locker hanya tanggal lahir dan warna kesukaan. Mudah untuk di ingat.

Kolam renang khusus baby dan toddler dengan sliding pillow yang empuk saat tiba di airnya. Pastikan menyenangkan dan aman bagi si kecil.

Pastikan dapat paket hemat kids meal dengan hadiah2 menarik buat si kecil.

  1. F&B murah.

Dibelakang Sea Life tersambung Medini Mall yang menyediakan KFC, starbucks dan mini supermarket bagi parents yang membutuhkan pilihan selain makanan dan minuman dari hotel. Enjoy. Tapi bagi yang selera Indonesia asli, jangan lupa bawa sambal atau kecap sendiri ya.. hihihihi. Nikmat.

Bagi yang makan di restaurant hotel, pastikan informasi food allergies dapat membantu si kecil sesuai keperluannya.

  1. Pilih dengan bijak.

Promo dan paket hemat sering diberikan dalam theme park semacam Legoland seperti ini. Sehingga stay alert untuk pilihan-pilihan yang lumayan hemat. Saat kami booking, kami mendapatkan pilihan beli BUY A 1-DAY TICKET, GET THE 2ND DAY FOR FREE. Buy 1-Day Combo (Theme Park, Water Park & SEA LIFE) and get the 2nd day Free.

Artinya,

  • Buy a 2-Day Combo ticket with 1-Day Combo ticket price.
  • 2-Day access to Theme Park, Water Park & SEA LIFE.
  • Present your e-ticket to skip the ticket queue

Mayan kan. Artinya, kita mau bolak balik berapa banyak atau mau random masuk keluar dalam keperluan apapun itu apakah itu bermain, check atau beli barang di toko atau foto bersama tokoh pada jam-jam tertentu, flexible dan tanpa batas.

Tips.

  • Tidak semua barang-barang dan merchandise yang dijual pada setiap toko sama dan tersedia satu sama lain. Tapi, jangan lupa discount card yang didapat setelah sikecil treasure hunt. Lumayan berguna untuk membeli merch di toko hotel.
  • Waktu yang enak untuk berkunjung menurut kami adalah saat mid break libur sekolah. Kebetulan kami berkunjung pada bulan akhir sept dan awal oct. Alhasil, area all the area parks tidak penuh, cukup lenggang dan menyenangkan.

Bilamana ada informasi yang belum tersedia selain dari FAQ merek, saran saya selalu email ke concierge atau booking bilamana ada pertanyaan atau kurang jelas mengenai salah satu kebutuhan teman-teman yang mau kesana. Tanggapan dan reply mereka cukup cepat kok, less then 12 hours selalu dijawab emailnya. Tanyakan sejelas-jelasnya. Yang penting kita merasa aman, tenang dan ready to enjoy on D-day.

Sekedar masukan bagi Legoland Malaysia, agar lebih memperhatikan kebersihan dan waktu membersihkan hotel. Saat kami check in ke kamar, terus terang saya dan suami menemukan tooth pick di karpet dan 1 tea bag yang telah di buka dalam pilihan tea yang disediakan di kamar. Dalam hal waktu kebersihan, berhubung this is supposedly a magical area for children, not to reduce the magical feeling, waktu-waktu vacuum mungkin dapat dilakukan saat anak-anak istirahat yaitu malam hari.

Pengalaman kami saat berkunjung ke Disneyland Japan, petugas kebersihan sangat rapih dan bersih tidak ada kesan jorok sebagai tukang sampah. Sangat menyenangkan untuk dilihat. Bagi petugas make up room, huge plastic bags putih sangat mengganggu berserakan dimana-mana sepanjang corridor saat kami masuk kamar, mungkin dapat belajar dari other theme fantasy hotel. I think it is important to maintain that fantasy if your positioned to be just like that.

Price, promos comes and goes, service always stays. Don’t you think ?

Hope these information helps. Thank you for reading. Thank you also to Legoland Johor, Malaysia. We had a wonderful time. See you next time :))

Hey, we’ve also made a video from us #KeluargaBangwin. Enjoy !

Tyas is now Partner Consultant and Trainer on Digital and Social Media at Bangwin Consulting, Freelancer, Writer/Blogger, Podcaster. For project enquiries, tyas@bangwinconsulting.com

One thought on “Legoland Johor Malaysia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s