How to plan a family trip

How to plan a family trip ala #keluargabangwin

 

Berlibur adalah salah satu hal yang paling kita nanti-nantikan.

Sering sekali kita temukan diri melihat-lihat destinasi-destinasi seru di Indonesia bahkan juga di luar negri.

Stalking tiket murah dan hotel yang seru. Mengimpikan saatnya bisa berlibur ke tempat impian.

Tapi berlibur bersama keluarga memiliki perbedaan tersendiri tentunya.

Apabila kita hanya sendiri, backpacking atau solo traveler tidak jadi masalah.
Karena yang kita pikirkan hanya diri sendiri.

Lain halnya apabila berlibur bersama keluarga. Apalagi membawa anak yang masih balita atau baby. Dan bilamana kita berkesempatan untuk dapat mengajak orangtua kita yang tentunya memiliki keterbatasan tertentu di usianya yang sudah lanjut. Have no fear.  We are together on this one. Sama-sama belajar ya.

Dalam setiap perencanaan traveling yang paling penting selalu adalah pengetahuan yang cukup dan preparasi tentunya. Planning yang baik akan mempersiapkan kita secara lebih baik terhadap kenyataan dalam setiap tujuan perjalanan anda sekeluarga. Harapannya tidak jauh-jauh amat dari yang kita expektasikan.

Nah, apa sih preparasi yang minimal perlu dalam sebuah keluarga ?

Menurut kami dalam membuat travel plan untuk keluarga ada 5 aspek yang penting dipertimbangkan.

  1. Choosing destination 

Destinasi tempat liburan di Indonesia atau diluar negri. Destinasi tempat bermain, mulai dari theme park ataupun restoran dan pilihan area shopping akan lebih baik dilakukan sedikit research terlebih dahulu. Terkadang yang kita bayangkan menjadi berbeda dengan pengetahuan dan informasi yang kita ketahui pada akhirnya. Kenapa, agar saat tiba waktunya, kita sudah siap berangkat ke tujuan, tidak lagi menimbang nimbang dan mempelajari arah tujuan apalagi melihat anak sudah excited and ready to go. Jangan jadi kecapekan karena menunggu atau masih menimbang-nimbang, such a waste of time.

Ajak anak anda untuk menjelajahi destinasi di internet. Dengan mempelajari kegiatan dan atraksi yang tersedia dalam pilihan destinasi yang akan Anda kunjungi sekaligus perhatikan bilamana ada kupon atau rate khusus yang ditawarkan sewaktu-waktu.

Cara mudah untuk mencari tahu tentunya adalah melalui teman. Banyak bertanya kepada teman-teman yang pernah atau sering ke destinasi yang kami inginkan. Terkadang pandangan dan tips dari mereka sangat valuable dan membantu persiapan kamu.

Setelah itu lakukan online research. Saat ini banyak sekali tip untuk family with children melalui advisory and testimonial yang didapat dari setiap website dari hotel, restaurant ataupun venues seperti contohnya Tripadvisor bahkan pada setiap pilihan situs travel yang tersedia di internet.

More information never hurts. Lagipula, informasi tersebut dapat membantu memberi perbandingan harga, biaya daalam mengelola budget dan spending juga daily living cost di setiap rencana travel kita. Kan rame-rame ya. Artinya perlu pengetahuan yang cukup akan selalu membantu.

Berdasarkan pilihan yang terbaik kita dapat mulai membuat draft awal itinerary. Bagi saya, selalu semakin banyak informasi, semakin banyak pilihan. Gapapa, kan selalu mulai dari mimpi yang besar nanti tinggal di buang sesuai dengan prioritas dalam trip kali ini. Always think big then think tight. That leads to the next aspect, managing expectations.

  1. Managing Expectations

Ga gampang memang. Juggle between the bigger dream and our expectations. With better planning mestinya dapat membantu dan menjaga agar kita dapat memiliki the best adventure for you and your family. Hopefully make memories for a lifetime. That is the main goal, right ?

First and foremost. BUDGET.

Berapa total budget yang akan kamu spend untuk liburan kali ini. Meliputi banyak hal dalam rencana ini.

  • Pilihan Transportasi baik kepergian maupun saat di kota yang kamu kunjungi.
  • Pilihan tempat penginapan. Sesuai dengan kebutuhan keluarga dan kondisi anak tentunya.
  • Biaya hidup per hari , termasuk budget untuk shopping. Bohong kalo dibilang ga mau shopping. Minimal souvenir sayang kalo tidak lo. Hihihihih
  • Biaya masuk wahana atau area bermain

Itu semua masuk dalam pertimbangan budget yang ingin kita tentukan di awal. Mungkin akan berkurang mungkin akan sedikit ada tambahan, pada akhirnya akan ditentukan semakin jelas pilihan kita tentukan bersama suami dan anggota keluarga lainnya.

Dalam budget biasanya kami merencanakan perjalanan dilakukan 6 bulan hingga 1 tahun sebelumnya. Karena memberikan peluang untuk menabung setiap bulannya hingga waktu kita berangkat. Lumayan dan tidak mengambil dari tabungan atau cash flow kita yang lain. Sisihkan dari sekarang. Buat travel plan termasuk financial plannya dong.

Berikutnya, preparations to kids and the elder ones alias…grandparents !

Aman dan nyaman. Penting sekali untuk memberikan informasi sebelumnya terhadap kondisi dan rencana liburan kepada anak-anak juga anggota keluarga yang lain seperti kakek dan nenek. Pastikan mereka mengerti dan mau mengikuti sesuai budget yang kita rencanakan.

Kami selalu mengusahakan sebuah kerjasama yang baik antara kami sebagai orangtua dan anak kami. Biasanya jauh-jauh hari saya suka selipkan informasi antara lain soal batasan, regulasi negara dan kebiasaan orang-orang di negara yang akan kami kunjungi. Anak-anak memang perlu diajak berkompromi. Walau pada akhirnya suka lain cerita tentunya.

Bagi kakek dan nenek, biasanya merekapun akan sangat apreasikan persiapan dari jauh-jauh hari. Seperti weather predictions dan apa saja yang perlu dibawa sangat penting bagi mereka ketahui.

Biasanya mereka lebih repot dari kami semua hehehehe. Atau lupa pada saat tiba waktunya. Kuncinya adalah kompromi.

Tips Untuk menghindari pembelian yang impulsive.

Encourage anak untuk mulai koleksi seperti magnet refrigerator, stickers, pins atau post cards. Simpan setiap souvenir dalam toples khusus atau scrap book miliki si kecil yang sewaktu-waktu dapat kita buka dan bercerita kembali tentang pengalaman tersebut.

Bicara soal weather predictions. Sesuaikan dengan pilihan tujuan traveling kamu ya. Pilihan waktu kebrangkatan sangat tergantung dari cuaca yang baik tentunya. Nevertheless, it’s always good to be prepared.

  1. Choosing Transportation

Please choose your flights wisely. Untuk transportasi pesawat, awasi setiap kali bulan Maret dan September tiap tahunnya.

Saat promo-promo biasa dilakukan. Biasanya, biaya budget selalu dikeluarkan duluan agar mendapatkan harga terbaik terkadang keuntungan tidak bisa ditebak bukan ?

Dalam hal transportasi terdiri dari budget pesawat pulang pergi, subways, kereta api atau bis. Dan bilamana ada destinasi keluar kota dalam selain dari kota yang kamu singgahi.

Pada setiap kota yang kamu singgahi aat ini melalui google maps sudah bisa mendeteksi biaya dalam pilihan perjalanan kamu juga memberikan pilihan yang lebih murah atau lebih mudah untuk mencapainya. Ini menjadi point penting dalam memperkirakan budget liburan.

Selalu gunakan travel insurance dan juga always and always label and lock your belongings. Walaupun masuk dalam cabin sekalipun.

Bilamana diperlukan visa, akan sangat tergantung dari pilihan negaranya. Saat ini kepengurusan visa banyak sekali dipermudah untuk diurus sendiri.

Misalnya Australia dan Inggris melalui http://www.vfsglobal.com/Australia/Indonesia/ atau beberapa negara yang tidak lagi memerlukan visa. Tips untuk tiap negara akan saya share dalam posting yang berbeda.

  1. Choosing Accommodation

Berhubung kita bicara keluarga, ada anak, ada baby ada anak lebih tua dan ada nenek kakek. Pilihan tempat akomodasi perlu senyaman kondisi dan kebutuhan keluarga tentunya.

Pilihan pertama selalu hotel dengan breakfast termasuk kamar bersih tiap hari oleh housekeeping akan mengurangi pusing selama liburan.

Tersedianya swimming pool dan recreation area for children dapat membantu menghibur anak terutama balita. Dan peralatan standard hotel bintang 4 keatas seperti free wifi, atau bilamana mendapatkan hotel apartment dengan fasilitas studio apartment akan sangat membantu.

Harga jadi nomor 2 dengan keperluan diatas karena segala attribute akan sangat membantu ayah dan ibu mengurus baby dan anak tentunya.

  1. What to bring
  • Vitamin dan obat-obatan jangan lupa dibawa.
  • Peralatan listrik, colokan, dan gadgets. Setiap negara berbeda, ada yang sama seperti Jepang dan Amerika.
  • Stroller
  • Untuk sikecil yang toddler.

 

Biasakan dia memiliki tas sendiri yang dia pilih sendiri apa yang mau dibawa. Memberi kesempatan untuk belajar tanggung jawab atas barangnya dia sendiri.

Masukan barang kesukaan dia seperti mainan, crayons dan buku gambar atayu mewarnai bilamana menjadi favorit sikecil. Satu set baju ganti, topi, jaket hujan, camilan dan tissue basah selalu harus ada dalam perjalanan.

Pada akhirnya, rencana tetap rencana. Kita tidak bisa prediksikan apa yang akan terjadi saat waktu liburan tiba. But that’s just the beauty of life.

So let’s embrace and enjoy what lies ahead.

 

Advertisements

One thought on “How to plan a family trip

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s