Proses Claim Jamsostek (BPJS)

Hallo ☺

Bagi yang ingin menarik / claim atau melakukan pencairan jamsostek kantor terdahulu mungkin posting berikut ini dapat membantu.

Kebetulan saya baru keluar dari sebuah kantor dan memutuskan untuk bekerja sendiri. Saya pun memiliki jamsostek dari kantor sebelumnya yang tidak sempat di proses penggabungan dengan alasan saya juga lupa.

Dengan demikian, saya memiliki 2 jamsostek yang ingin saya cairkan dengan jangka waktu 3 tahun (resign tahun 2012) dan 3 bulan yang lalu (resign October 2015).

Pastinya, terlebih dahulu saya bertanya ke orang-orang terdekat yang telah melakukan dan berhasil mencairkan jamsostek.
Dari semua masukan yang saya dapatkan, saya mendapatkan masukan bahwa,

  1. Sebenarnya mudah bilamana semua dokumentasi lengkap.
  2. Sediakan waktu seharian karena waktu menunggu dan proses akan memakan waktu seharian
  3. Pilih cabang yang nyaman dengan plihanmu sendiri untuk dapat melakukan kegiatan sambilan seperti bekerja dengan laptop, membaca atau ngopi atau makan siang sambil menunggu waktu.

Saya pun mendapatkan link dari teman saya Kristin sebagai acuan apa saja yang musti saya siapkan. Cukup bermanfaat bilamana mau melihat disini.

Karena informasi yang saya dapatkan diatas, saya pilih cabang pusat, kantor BPPJS (dulu jamsostek) yaitu Menara Jamsostek, MT Haryono, lantai 2, yang bersebelahan atau persis setelah dengan gedung Telkomsel, muter balik dari semanggi.

Karena saya mendapatkan kesan yang berbeda, saya ingin berbagi pengalaman agar selengkap-lengkapnya dapat diketahui untuk persiapan teman-teman yang membutuhkan.

Berikut pengalaman saya.

Dalam hal proses ada 3 tahap utama yang akan dilakukan.

1. Tahap pertama – pengambilan tanggal proses pencairan

  • Perlu diketahui, setiap cabang memiliki cara aliran proses yang berbeda.
  • Di kantor pusat Menara Jamsostek, saat masuk kita diarahkan untuk ke meja satpam yang berada diluar / didepan pintu masuk kantor jamsostek untuk pengambilan formulir ber-tanggal. Tanggal tersebut adalah tanggal dimana kita dapat mulai melakukan proses claim pencairan jamsostek.
  • Didalam formulir tersebut ada pilihan-pilihan tujuan claim BPJS atau Jamsostek dengan masing-masing informasi daftar dokumentasi yang musti disiapkan untuk dibawa. Baik asli maupun kopi.
  • Saya datang sekitar awal bulan November 2015 dan mendapatkan tanggal 21 January 2016. 2bulan ☺
  • Di cabang yang berbeda, langsung hari H dapat melakukan proses namun pengambilan nomor antrian dimulai dari jam 4.30 pagi. Teman saya ambil pagi2 buta baru dipanggil jam 11 siang dan jam 3 sore untuk claim.

2. Tahap kedua adalah pemeriksaan dokumentasi.

  • Saat tanggal yang disebutkan, saya datang dan sampai sekitar jam 8.30 pagi.
  • Diperiksa form yang ada tanggal oleh satpam dan diberikan 1 folder plastic khusus untuk memasukkan semua dokumentasi yang dibutuhkan untuk tujuan proses yang saya saya lakukan.
  • Folder dimasukkan dalam box didepan meja informasi.
  • Pihak bagian informasi akan memanggil nama yang ada di setiap folder dan mulai, screening data, dokumentasi dengan tujuan claim BPJS yang bersangkutan. Intinya, making sure semua lengkap dan pada tidak ada yang salah kaprah atau kurang.

  • Bilamana menurut bagian informasi aman, akan diberikan nomor antrian untuk kebagian claim
  • Lama antrian ini sekitar 10-20 menit 3. Tahap ketiga adalah bagian claim
  • Tahap ini adalah tahap dimana proses persetujuan tujuan claim dilakukan.
  • Kembali dilakukan pemeriksaan ulang dokumentasi.
  • Karena saya mengundurkan diri atas keputusan sendiri maka petugas akan bertanya kenapa dan lain sebagainya.

Relevansinya tentunya baik karena tujuan JAMSOSTEK atau BPJS adalah agar dihari tua kita nanti dapat membantu hidup kita lebih baik. Uang yang dipotong tiap bulan dari gaji kita adalah untuk tujuan tersebut. Baiknya dana itu disimpan baik hingga saat dibutuhkan.

That’s exactly what I’m gonna do, with interest from the bank or other option investments, of course ☺

  • Lama antrian dari pengambilan nomor hingga pemanggilan di bagian claim sekitar 3 jam lebih . Dari jam 9an saya baru dipanggil jam 12.30
  • Saat ini saya tidak lolos karena dibulan September 2015, yaitu 1 bulan sebelum saya resign ada peraturan baru yang diberlakukan bagi claim pencairan pegawai yang resign kurang dari 3 tahun.
  • Aturan yang berlaku tersebut menyebutkan bahwa diperlukan 1 dokumentasi tambahan. Bahwa bagi yang resign dibulan Oktober 2015 keatas diperlukan 1 tambahan dokumentasi Surat Pemberhentian Kerja dari perusahaan yang ditujukan ke Disnaker setempat, dgn tembusan BPJS Ketenagakerjaan. Perlu diketahui juga bahwa petugas sedikit menenangkan bahwa saya tidak perlu mendaftar ulang 2 bulan kembali karena formulir dgn tgl 21 Jan 2015 masih berlaku. Saya hanya perlu menambahkan dokumentasi dan kembali minta nomor antrian claim dari bagian informasi.
  • Selanjutnya saya menghubungi kantor lama saya melalui bagian HR dan disarankan untuk membawa surat keterangan berhenti bekerja dari perusahaan asli dan beberapa kopi ke Disnaker setempat bekas kantor saya bekerja, yakni terletak di kantor walikota Jakarta Selatan yang letaknya di depan Brawijaya, Kebayoran, Jakarta Selatan.

Proses Verifikasi Disnaker 

  1. Seperti halnya kantor pemerintahaan lainnya, area parkir di walikota adalah sesuatu yang perlu diketahui sulitnya. Dari semua lantai yang ada di walikota Jakarta Selatan hingga hamper 1 jam saya sulit sekali mendapatkannya. Disarankan untuk parkir ditempat lain atau drop dan jemput kembali atau muter2 bilamana dapat menjadi pilihan. ☺
  2. DISNAKER berada di lantai 10. Saat masuk, sudah ada pegawai yang bertugas membantu. Kita hanya memerlukan pengisian buku tamu, Pemberian bukti asli untuk diketahui dan 3 kopi Surat Pemberhentian Kerja dari perusahaan, 1 kopi untuk DISNAKER dan 2 kopi untuk kita.
  3. Proses hanya 5 menit. Mungkin tergantung banyak orang yang antri tapi saya mendaftar dan minta ijin ke kamar kecil sebentar, saat keluar, surat saya sudah tersedia dan selesai. Menyenangkan ☺

Melanjutkan tahap ketiga, bagian claim :

 

  • Kembali saya ke bagian informasi untuk pemeriksaan ulang dan pengambilan nomor antrian. Kali ini saya datang setelah makan siang dan saya dipanggil sekitar jam 4.
  • Setelah diperiksa ulang dan GOAL ! Claim saya disetujui.
  • Petugas cukup membantu memberikan nominal dari masing-masing kantor tempat bekerja saya sebelumnya.
  • Selanjutnya saya diminta sertakan contact email pihak HR kantor terkahir saya bekerja yang dapat dihubungi juga sertakan email saya.
  • Konfirmasi dilakukan 1 jam setelah proses di hari yang sama.
  • Persis 1 minggu setelah hari tersebut, claim saya cair dan sudah di rekening tertuju.

Semoga informasi yang saya bagikan dapat bermanfaat bagi teman-teman yang membutuhkan. Sebelum menutup posting saya, beberapa hal yang saya tangkap saat melakukan proses di BPJS adalah

 

  1. Ruang tunggu cukup nyaman, ber-AC, bersih dan ada counter kopi, teh dan air mineral bagi yang menunggu.
  2. Tidak ada jam istirahat, sehingga nomor antrian berjalan tanpa berhenti. Saat jam istirahat makan siang, terlihat tiap bagian digantikan oleh bagian lain hingga selesai waktu istirahat. Rupanya ada penerapan sebuah system kerja yang baik yang diberlakukan untuk menjamin layanan dan proses kerja.
  3. Tiap petugas melakukan pekerjaan dengan efisien dan ramah. Sabar membantu bilamana dibutuhkan pada setiap bagian fungsinya masing-masing. Walaupun yang datang dan kembali diluar nomor antrian tetap dijawab sesuai dengan kebutuhannya.
  4. Khususnya di kantor pusat Menara Jamsostek, tidak ada tempat service fotokopi, tapi jangan takut, petugas claim akan membantu apabila kekurangan dokumentasi untuk di kopi.
  5. Terakhir, karena gagal claim pertama, saya sempat ke cabang lain untuk make sure dokumentasi dan aturan main yang berlaku sama diterapkan di cabang lain. Saat itu disarankan pilihan melalui online. Namanya eklaim.

 

  • Melalui pendaftaran di website di link ini.
  • Seminggu kemudian akan diberikan nomor antrian untuk melakukan proses claim berikut dengan pilihan tanggal dan jangka waktu yang diberikan bagi kita yaitu selama 2 minggu dari tanggal yang diberikan.

Suatu pilihan solusi tanpa perlu ambil antrian pagi-pagi subuh☺

Good luck !

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s